Laman

Selasa, 10 Maret 2015

Presiden Harapanku

Cleaning service bukanlah pekerjaan yg hina. Seperti juga pemulung, atau jenis pekerjaan bersih-bersih. Apa lagi di Indonesia, katanya sedang menjadi negara yg kotor. Jadi perlu pembersihan. Tanpa terkecuali yg bisa melakukan hal tersebut hanya mereka yg berpengalaman dg dunia kebersihan. Ya pemulung, ya cleaning service, ya tukang sapu dan semua yg membersihkan. Atau bisa juga pembasmi hama dan gulma. Tp kata membasmi seolah terkesan kejam.

Tehnik membersihkan tidak sembarang orang bisa. Pun tahu tehniknya tp tidak mau melakukan tindak pembersihan. Ternyata yg mau jd petugas kebersihan tak banyak. Bahkan orang-orang yg sama sekali tak menyukai kotor pun enggan bebersih. Mending menyewa tenaga orang lain meski hanya sekedar untuk membersihkan sempaknya sendiri.

Ada berbagai alasan kenapa sesuatu itu menjadi kotor. Seperti tempat-tempat di kolong pohon akan mudah terlihat sampah berserak ketimbang di kolong meja atau kursi. Itulah kenyataan di bawah lindungan rindang pepohonan. Seperti rindang di bawah kekuasaan negara, organisasi atau apapun yg memiliki hirarki kepengurusan. Pun di bawah rindang pengurus tempat ibadah, pendidikan, pun di organ tubuh pebersih itu sendiri. Tak heran jika Indonesia semakin kotor saja. Yg mungkin ditubuk KPK itu sendiri juga merindangi, kemudian mengotori dg rindangnya.

Dalam pembersihan ada cara-cara yg efektif dan efisien dan menjadi proses yg tepat. Sepagi kita menyapu kolong pepohonan. Jenis sampahnya dedaunan. Jenis ini bisa dikompos menjadi pupuk. Tp dikolong meja dan kursi ada banyak kertas dan plastik. Untuk jenis kertas masih mungkin di daur ulang. Tetapi plastik, pun bisa didaur ulang, tp prosesnya lama. Dibakar pun tak benar-benar lenyap. Dan belum tentu hancur dalam tempo puluhan tahun. Jika siang kita mendapati kolong pepohonan kembali terisi daun yg hanya satu dua, kita bisa memungutnya. Tidak harus menyapu keseluruhannya. Untuk menjaganya tetap bersih.

Dan saya memilih presiden yg pernah bekerja dibidang kebersihan. Untuk Indonesia yg bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar