Laman

Rabu, 07 Januari 2015

Syair Jawa

Nglurug tanpo bolo, menang tanpo ngasorake, sugih tanpo bondo.
(Menggempur tanpa pasukan, menang tanpa mengalahkan, kaya tanpa harta).

Nglurug tanpo bolo. Menggempur tanpa pasukan. Ibarat sebuah benteng diserbu tapi penyerbunya hanya seorang. Bagaimana bisa? Itulah kekuatan yang sejatinya kekuatan. Tanpa membawa pasukan bisa meluluh-lantakkan benteng seperti membawa banyak pasukan. Tapi sejatinya bukan demikian. Kalau menurut saya menggempur tanpa pasukan itu maksudnya mengalahkan tanpa bertarung. Bagaimana caranya? Silahkan itu ditafsirkan sendiri. Kan bisa dengan dialog?

Menang tanpo ngasorake. Menang tanpa mengalahkan. Sebenarnya bukan menang tanpa mengalahkan. Teks ngasorake sebenarnya bermakna menghina. Setiap kemenangan kadang membawa kesombongan. Dan kesombongan itu pasti menyakiti yang dikalahkan. Itu berarti tidak menaati menang tanpa ngasorake. Makna dari menang tanpa ngasorake itu banyak. Yang jelas menang tanpa mengalahkan. Maksudnya diatas kertas kita memang sudah unggul. Dan secara logika sudah menang. Bukan menang dengan kecurangan. Bukan menang yg menghina yg dikalahkan.

Sugih tanpo bondo. Kaya tanpa harta. Katanya kaya tapi ternyata tidak punya apa-apa berarti tidak kaya dong? Kaya atau miskin bukan dari penilaian orang lain atau dari harta yg kelihatan. Tapi bagaimana kita menikmati kekurangan menjadi sebuah kelebihan. Seribu pun bisa serasa semiliar kalau men-syukuri. Dan menerima bahwa itu adalah uang dan rejeki kita. Lalu menikmati. Bahkan semiliar pun bisa serasa seribu kalau terus merasa kurang tanpa bersyukur. Kaya tanpa harta benda adalah kaya dari batinmu.

Itulah mantra jawa yang sangat luar biasa. Betapa tidak? Jika semua itu dipraktekkan orang jawa bisa merajai dunia. Bisa mengungguli seluruh bangsa. Bisa membawa persemakmuran, kesejahteraan dalam kesederhanaan. Sebuah syair mantra yg luar biasa. Syair yang bisa menggerakkan manusia seluruhnya.

Nglurug tanpo bolo.
Menang tanpo ngasorake.
Sugih tanpo bondo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar